Beberapa Kebiasaan Buruk Saat Minum Yang Berpengaruh Pada Kesehatan

On 78/100:3

Air minum merupakan salah satu elemen yang paling penting bagi tubuh kita, hal ini dikarenakan hampir seluruh bagian tubuh kita di isi oleh air. Oleh karena itu jika kita setiap harinya kita butuh asupan air minum yang cukup untuk tubuh kita, namun beberapa orang melakukan beberapa kesalahan saat minum air. Beberapa kesalahan tersebut adalah sebagai berikut:

1.    Terlalu banyak minum air

Sesuatu yang berlebihan memang tidak terlalu bagus buat kesehatan, hal tersebut pun berlaku buat air minum. Kelebihan air minum akan menyebabkan ginjal bekerja terlalu keras. Hal ini dikarenakan ginjal hanya mampu memproses 800 – 1000 ml air per jam. Ginjal yang terlalu keras bekerja = akan mengakibatkan kadar natrium dalam darah tidak seimbang (keracunan air). Jika ini sudah terlalu parah ini akan berakibat pada kerusakan otak, koma hingga kematian.

2.    Minum air terlalu banyak sebelum tidur

Biasanya kita merasakan haus pada saat sebelum tidur, hal ini membuat kita sering minum air sebelum tidur untuk mencegah dehidrasi pada saat tidur. Namun jika kita mengonsumsi air yang berlebihan pada saat sebelum tidur maka akan menyebabkan ginjal akan terus bekerja, sehingga kita kadang terbangun di malah hari karena ingin buang air kecil. Hal ini merupakan hal wajar dikarenakan ginjalnya yang terus bekerja. Namun jika dilihat lebih jauh lagi hal ini dapat berdampak buruk bagi kesehatan tubuh misalnya dapat mengganggu kualitas tidur sehingga mengurangi daya ingat, konsentrasi dan suasana hati.

3.    Minum Sambil Berdiri

Sering sekali kita melihat orang minum sambil berdiri. Padahal ini adalah salah satu kebiasaan yang buruk dalam mengonsumsi air. Hal ini disebabkan karena air akan masuk ke dalam tubuh dengan cepat, sehingga mengganggu fungsi paru-paru, jantung, ginjal, dan kantong kemih.

4.    Terlalu sering mengonsumsi air dingin

Kadang mengonsumsi air dingin sangat nikmat bagi kita apalagi pada saat panas terik. Namun kalian juga harus tahu mengonsumsi air dingin terlalu sering menyebabkan tubuh rentan terserang penyakit flu dan dapat memicu migran.

5.    Minum air di tengah Makan Kadang kita saat makan merasakan ingin minum air dikarenakan tenggorokan kering dan tidak bisa menelan makanan, namun itu adalah sesuatu yang buruk bagi kesehatan kita. Minum pada saat di tengah makan akan mempengaruhi proses pencernaan makanan, hal ini dikarenakan air minum yang masuk akan mengencerkan enzim pencernaan dan asam lambung. Ini bisa mengakibatkan asam lambung akan menyebar dalam perut dan proses pencernaan akan terganggu karena makanan menjadi sulit untuk dicerna.

About Author

Related Post

Leave Reply